Pembuatan Databse menggunakan MySql

Unknown // Jumat, 12 Juni 2015




   Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk membuat sebuah database. apa itu database ?
 Database "Kumpulan data sebuah organisasi/ perusahaan yang disimpan dan terorganisir dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan bagi penggunanya ". Sebenarnya dalam pembuatan database ada berbagai macam aplikasi, mulai dari Microsoft access, PHPMyadmin, dan lain - lain. tapi kali ini Mr.J ingin membuat database menggunakan Mysql dengan tambahan aplikasi Xampp. xampp sendiri yaitu perangkat yang menggabungkan 3 aplikasi kedalam satu paket diantaranya : Mysql, PHP , dan Apache. Sobat yang belum mempunyai Xampp bisa didownload disini. nah sebelum memulainya saya akan memberikan beberapa perintah dasar yang digunakan dalam pembuatan database nanti diantaranya :

" Pastikan xampp sudah dijalankan "
  • create  - untuk membuat databes/ table
  • show - untuk menampilakn database/table
  • use - untuk mengaktifkan database
  • drop untuk menghapus database/table
langsung saja  disini Mr.j akan membuat database dengan judul "data" langkah awal yang harus kita mulai adalah masuk ke command prompt bisa dengan cara tekan tombol windows lalu ketik command dan enter:
  • langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke directory C atau tempat kita menginstall Xampp tadi. yaitu dengan perintah sebagai berikut 




  • maka akan tampil direcroti C seperti pada gambar di atas, kemudian kita masuk sebagai root dengan menggunakan syntax sebagai berikut, anda juga bisa menambahkan perintah -p untuk password.





  • lau kita lanjut pada pembuatan database dengan perintah
arti dari Query Ok itu adalah bahwa anda telah berhasil membuat databes dengan judul data



  • selanjutnya kita akan membuat tabel yaitu isi dari database tersebut. sebelumnya saya akan menjelaskan tentang tipe data yang digunakan . ada beberapa tipe data yang akan kita gunakan dalam pembuatan database diantaranya yaitu 
  • kita langsung saja coba untuk membuatnya , disni saya akan membuat tabel biodata, sebelum itu kita aktifkan dlu databasenya dengan perintah 

 apabila telah aktif maka akan ada tulisan Database changed, lanjut kita buat table dengan perintah :
ketentuan yang saya buat yaitu seperti pada gambar disamping.  varchar yaitu tipe data untuk kumpulan karakter biasa digunakan untuk nama, alamat dll, int biasa digunakan untuk angka"
apabila berhasil maka akan ada tulisan Query OK.


  • kita lanjut pada pembuatan table yang kedua, saya akan membuat tabel nilai, cara yang digunakan tetap sama.
" int(10) yaitu tipe data int dengan jangkauan 10 maksudnya yang akan muncul didatabase hanya sampai 10 angka begitu juga dengan tipe data varchar , untuk tipe data Date tidak usah menggunakan jangkauan"
apabila berhasil maka akan ada tulisan Quey OK.


  • Sekarang kita bisa lihat struktur dari masing - masing table yaitu dengan perintah:
lihat gambar disamping kita sudah membuat table dengan ketentuan yang sudah dibuat tadi, begitu juga untuk menampilkan struktur dari table nilai, kalian tinggal mengganti biodata menjadi nilai.


  • Kemudian bagaimana caranya untuk mengisi table itu dengan data, caranya yaitu dengan menggunakan perintah insert into seperti pada gambar berikut :
gambar di atas adalah syntax untuk mengisi data pada table apabila sobat ingin mengisi lebih dari 2 data dalam 1 tabel maka pada akhir tanda ) selalu diikuti tanda","untuk menambahkan data berikutnya. apabila berhasil maka akan muncul tulisan Query OK.

"untuk tipe data int tidak usah menggunakan tanda ( " " )  dalam pengisian datanya"

  • Kita bisa melihat hasil dari pengisian database kita , yaitu dengan menggunakan syntax seperti berikut :
kita bisa lihat hasil dari data yang kita masukkan tadi. apabila sobat ingin memasukkan data yang lebih banyak, bisa saja."coba sobat untuk mengisi table nilainya, masih dengan syntax yang sama "





Bagaimana penjelasan mengenai cara membuat database menggunakan Mysql, mudah bukan  nanti Mr.j akan ajarkan pembuatan database menggunakan PHPMyadmin, nantikan postingan Mr.j berikutnya.


PERHARTIAN :
" Pembaca yang baik adalah pembaca yang selalu like dan share artikel kami, terima kasih "

0 komentar